kamu orang beruntung yang ke :

Rabu, 27 Juni 2012

Jari-Jari Maut

Hai readers, nggak kerasa satu semester udah mau abis aja. Di semester ini, salah satu pelajaran yang ngasih tugas paling berat adalah kesenian. Awalnya kayak gampang sih, cuma ngelukis AJA. ingat, NGELUKIS AJA KOK. IYAAA NGELUKIS AJA !!!
Sebenernya aku suka sih ngelukis, jaman tk sama sd seneng ikut lomba gitu, ya tapi seiring bertambahnya usia, "wiwin kecil lucu nan berbakat semakin hilang arah", setelah diterjang hujan dan badai ._.
Apakah sisa-sisa bakat Wiwin Kecil Lucu Nan Berbakat Yang Semakin Hilang Arah (singkat : WKLNBYSHA), check out !


KD pertama, tugasnya masih geli-geli aja . cuma buat ngetes basic ngelukis. 
skornya : 97

TEORI WARNA BREWSTER, tugasnya sepaket, pake cat poster. Ini  geli-gelinya udah makin kronis.disinilah penderitaan dimulai. Pengerjaannya 10x lebih ribet daripada yang telihat. Ngerjainnya mesti mikir banget. 
skornya : 95

 
LUKISAN PENSIL KARBON. Tugas ini lebih dari sekedar geli, tapi udah memasuki tahap gatel. gatel-gatel yang disertai bentol. terus bentolnya keseringan digaruk jadi lecet. kan bentolnya banyak, jadi korengan. Beneran ngelukis ini jauh lebih sulit daripada yang terlihat. setiap torehan garis pensil mesti dipikirin bener salahnya. mau setebel apa,terus tujuannya buat apa, mau dibikin yang ujungnya makin ilang atau yang konsisten garisnya, terus komposisi cahayanya gimana, dll. dan ternyata tetep aja ada salahnya T_T dan FATAL.... karena ini perspektif, seharusnya aku bikin di satu titik hilang. keliatan banget di benda-benda yang ada di mejanya itu.
Skor : cuma 88 T_T

Ini mulai ngelukis beneran tapi masih pake cat poster(lagi), mengaplikasikan semua teori-teori yang ada di gambaran sebelum-sebelumnya. dari sisi kegatelannya, ini bukan korengan lagi, tapi KORENGSSS. bentolnya juga tetep berkembang biak. pake cat poster. ini keliatan banget lukisan hasil SKB(KS)2 = sistem kebut banget kebut sekali kebut semaleman. nah kan, singkatannya aja udah nandingin senyawa kimia. butuh kenekatan tingkat tinggi buat milih warnanya.
Skor : 95


 disinilah penderitaan yang sesungguhnya...
LUKISAN CAT MINYAK DI KANVAS. lagi-lagi buat bikin ini malemnya aku cuma tidur setengah jam kalo nggak salah. Aku nggak bisa lagi mendeskripsikan ini dalam geli-gelian, gatel-gatelan, koreng-korengan, atau sebangsanya. Aku aja kaget kenapa hasilnya bisa jadi kayak gini ( baca : keren). hehe, bukannya belagu, tapi ini rasanya terlalu bagus untuk aku hasilkan, seorang aku. :')
skor : 98

----
Lukisan-lukisan diatas, bikin aku flashback ke jaman-jaman dulu. dimana aku bahagia banget pas udah bisa pegang pensil. pas aku pertama-kali nyobain pensil warna. pas ngelukis itu nggak perlu mikirin apa itu gradasi, apa itu perspektif, dll. pas aku nggak peduli berapapun skor lukisanku. Pas orang-orang nggak ngerti lukisanku, terus aku nyeritain apa yang aku lukis tanpa malu sama sekali.

Pas aku selalu ngewarnain awan warna biru, ditengah 2 gunung harus ada matahari kuning, sawah itu harus kanan dan kiri, padi itu selalu 3 tangkai. burung adalah angka tiga diputar 90 derajat dan dikasih sedikit garis ditengahnya, mobil selalu kotak, dan setiap ada anak cowok pake celana harus ada anak cewek pake rok, begitupun sebaliknya.
 
 Ini salah satu contoh gambaranku dulu. tapi bukan ini aslinya, ini baru aja aku bikin di paint (hehe, maklum ya ancur, ngelukis pake touch pad susah ternyata). kira-kira dulu kayak gini, tapi dulu aku rajin, semua bagiannya diwarnain pake pensil warna/pastel. mungkin pas aku tk. berkat gambaran ini, terciptalah sebuah percakapan absurd antara aku, mama, dan adekku yang paling tua. tepatnya 5 tahun setelah lukisan ini, aku kelas 5 sd.
Adek : Ma, ini gambaran siapa?
Mama: Kayaknya punya mbak ulil dulu.
Adek : Kok jelek?
Mama: Haha, kan dulu masih kecil mbak ulilnya. ~hening~ *melihat suatu yang janggal pada lukisan ini * dila(adekku), coba liat ini.
Adek : kenapa ma?
Mama : coba liat orang-orangnya... (tejadilah percakapan seru antara mama dan dila....)
Aku : *sedari tadi sudah curiga dengan gerak gerik mama dan dila* ~ mendekat~
Adek : HAHAHAAAAA, MBAK ini orangnya kok gitu?
Aku : Kenapa sih?
Mama : Kenapa 2 orang itu NGANGKANG diatas gunung, terus kalo sepatunya licin terus kepleset kan bahaya selangkangannya....
Dila : ih, sakit dong ma 'anunya'...
Aku : 'sudahi ini semua' --__--

Begitulah perjalanan lukisanku dari masa ke masa. terima kasih buat semua guru dari tk sampe SMA sekarang yang pernah ngajarin aku nggambar. bu laila, bu diana, bu susmi, bu anita, bu eni, bu yesi, bu isti, pak tri, sampe bu elisa :))


Related Post:

1 komentar:

Anonim mengatakan...

keren :-o

Posting Komentar