kamu orang beruntung yang ke :

Sabtu, 18 Agustus 2012

Lebaran Cookies : Cornflakes Coklat Bertabur Cinta


Dari beberapa kue lebaran yang ada dirumah, ada 1 kue kering yang paling aku harapin. Paling enak dan crunchy.  Paling gampang dibikin. Aku nggak tau sih namanya ini apa, tapi kita sebut aja “ Cornflakes Coklat Bertabur Cinta” ~ 





Ini namanya nge-tim coklat. Jadi coklatnya dilelehin diatas air mendidih diatas kompor. Jadi ngelelehinnya nggak langsung dipanasin diatas kompor. Inget ya, kalo ngetim coklat itu jangan sampe pancinya ada campuran air atau minyak sedikitpun, takutnya bikin coklat susah beku.  Terus nggak perlu dicampur gula juga, karena kalo buat kue, komposisi dark chocolate ini udah pas.

coklat yang udah meleleh di campur sama cornflakes, ini prosesnya mesti cepet. Kenapa harus cepet? Liat step selanjutnya… 

Cflakes yang udah dicampur sama coklat, dimasukin ke cup-cup kecil. Terus ditabur sama butiran gula warna-warni. Ini juga harus cepet, soalnya coklatnya cepet beku. Tipsnya, ambil cornflakes sedikit dulu buat dicampur sama coklat. Kalo udah coklatnya udah merata, langsung susun cornflakes di cup dan langsung ditabur gula, sebelum beku, kalo beku nggak bisa nempel cornflakesnya. Kalo abis, dan coklatnya masih meleleh ambil lagi. Kalo coklatnya udah beku, ya panasin lagi baru dicampur sama cornflakes lagi.

Udah deh, tinggal dimasukin ke freezer. Bisa juga sih dibiarin aja di udara biasa, tapi gara-gara pengen cepet jadi, dimasukin aja ke freezer. Jangan lama-lama loh, sekitar 3-5 menit aja. Yang penting coklatnya udah nggak lengket lagi, udah bisa dikeluarin.

Finishing, tinggal disusun di toples. Agak susah sih nyusunnya, karena bentuk kue ini agak abstrak. Jadi nggak mesti se-rapi nyusun nastar atau putri salju, yang penting nggak berantakan aja.


Nah, karena kue ini buat lebaran, supaya gak lempem, toplesnya aku isolasi. Betapa unyunya kue ini dengan selotip pink gambar Winnie the pooh.



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar