kamu orang beruntung yang ke :

Minggu, 23 Februari 2014

Dental Magic Box


 Assalamualaikum readers!
Akhirnya kali ini aku mau posting sesuatu yang semoga saja bermanfaat, akhirnya yah…   tentang alat-alat kedokteran gigi dasar yang baru aku dapetin di blok 3 ini. Akhirnya ketemu juga sama alat-alat kedokteran gigi yang imut dan menggemaskan ini.  Well, udah pasti bermanfaat banget terutama buat para mahasiswa FKG, calon mahasiswa FKG, orang yang ingin memperluas wawasan tentang kedokteran gigi, orang yang ga sengaja baca post ini, dan para jomblo yang kesepian.
Semua alat-alat itu aku susun rapih di dalem ‘dental magic box’. Sebenernya itu box biasa, tapi perjuangan nyarinya seharian itu yang luar biasa… kalo nggak percaya, tanya sama Dina! Nggak kenal dina, ya udah deh…
ini penampakan boxnya dari berbagai sudut pandang

Dan inlah isinya... eng ing eeeenggg....

1. Kaca Mulut
ini adalah salah satu instrumen paling familiar dari semua alat-alat kedokteran gigi. Terdiri dari kaca/mirror, handle(pegangannya), dan konektor (yang ngehubungi kaca dan konektornya). Seperti namanya, kaca mulut ini berfungsi buat ngaca dalem mulut..(eh?). enggak, sebenernya buat ngacain bagian dalem mulut. jadi si dokter gigi bisa liat bagian belakang dari gigi pasien. terus juga kepala si dokter nggak perlu sampe goyang karawang buat ngeliat-liatin dalem mulut pasien, tinggal geser-geserin kacanya aja ;)

2. Amalgam Carver


sebenernya amalgam carver itu beberapa jenis kalo nggak salah, tapi yang aku punya ini adalah carver yang ujungnya bentuk layang-layang. jadi kalo dokter giginya lagi bete, carvernya tinggal diraut dan ditimbang dengan benang. terus cari angin dan tarik ulur tarik ulur.. aduhh.. ini fungsinya buat mengukir/membentuk tumpatan/tambalan amalgam yang disesuaikan dengan anatomi gigi. apa itu amalgam? googling aja yak :D


3. Amalgam Stopper/Plugger
Amalgam stopper ini punya ujung yang lurus, tapi permukaan atasnya bulat, dan bergaris-garis, supaya apa? supaya si amalgamnya nggak kepleset dari alat ini. fungsi amalgam stopper adalah buat menekan amalgam di dalam kavita atau emm.. bagian gigi yang bolong, supaya padat.

4. Cement Stopper
Ini mirip sama amalgam stopper tapi ujungnya lebih slim dan permukaan ujungnya nggak ada garis-garis, jadi rata gitu. fungsinya buat masukin dan ngeratain cement lining ke dalam lubang gigi atau kavitanya dengan cara ditekankan supaya si semen padat.

5. Plastis Filling Instrument
Jangan terkecoh dengan namanya "plastis", bukan berarti alat ini dari plastik, tetep dari stainless steel kok. nah plastis itu maksudnya buat tumpatan plastis gitu deh... apa itu tumpatan plastis? ntar ya... yang nulis juga belum paham :D fungsinya buat ngambil dan mengaplikasikan bahan tambalan seperti silikat, cement phosphate dari lempengan kaca ke kavita.

6. Sonde Halfmoon
kenapa nama sondenya half moon? tentu karena bentuknya bengkok kayak gitu. karena ujungnya yang tajam, bisa nusuk-nusuk gitu, sonde ini salah satunya untuk mengetahui apakah ada lubang/calon lubang pada gigi sekaligus mengetahui kedalaman kavitas. 

7. Sonde Lurus
sama kayak yang halfmoon, tapi bedanya, ujungnya lurus. oh iya kalo nggak salah, pas konsul behel, dokter gigiku juga sering make alat semacem ini buat ganti karet, feelingku bilang sih itu juga sonde. ._.

8. Amalgam Burnisher
Burnisher ini ujungnya bulat tapi permukannnya agak ceper, hemm kayak palu gitu deh. nah, jadi sudah jelas fungsinya buat menghaluskan dan ngeratain. ngeratain tumpatan/tambalan amalgam, komposit, GIC, dll.

9. Spatula Semen (Zinc Phosphate)
namanya juga spatula, pasti pasti fungsinya buat ngaduk atau nggerak-gerakin gitu deh. kalo spatula yang ini fungsinya buat mengaduk semen sebelum menumpat. terbuat dari stainless steel, kedua ujungnya bentuknya sama, tapi yang satu, tumpul dan satunya agak tajam.

10. Lecron / Pisau Model
setelah aku cek di catetan, ternyata aku ga nyatet bagian alat ini ._. tapi seinget aku lecron itu buat mengukir cetakan. jadi pisaunya itu buat ngukir, ngukir malam ngukir permukaan oklusal, supaya bentuknya lebih mantep, nah kalo ujung satunya yang agak nyendok itu buat nambel kalo misalnya ukirannya kedaleman. kedua ujungnya beda, satu bentuk pisau, buat mengukir, satu agak menyendok buat nambahin malamnya.

11. Amalgam Pistol
keliatan kan bentuknya kayak pistol... hemm nggak juga sih, tapi paling enggak ada pencetan injeksinya. ini buat masukin amalgam ke dalam kavita. jadi dari adonan itu dibawa ke gigi pake si pistol ini

12. Scalpel & Mata Scalpel
scalpel ini kayak pisau tapi matanya bisa diganti-gnti. dan tajem geelaaa! aku nggak tau pasti fungsinya, tapi pasti nggak jau-jauh dari kegiatan memotong, menyayat, dsb. kebetulan mata scalpel ini aku punya yang nomor 11 dan 15. yang 11 itu lancip, yang 15 itu kayak pisau.

13. Dental Pinset


dental pinset ya buat menjepit apa aja yang butuh di jepit, barang-barang kecil misalnya kapas kecil, dsb. pertama supaya nggak susah ngambilnya, dan juga supaya tetap steril dari sentuhan tangan kita yang penuh noda.

dan beginilah kalo alat-alat stainless bersatu... unyuw cekali :3


14. Spatula Alginat
spatula buat mengaduk alginat (bahan pencetak gigi) di rubber bowl. terbuat dari plastik :)

15. Spatula GIC (Glass Ionomer Cement)
buat ngaduk GIC sebelum menumpat. beda sama spatula alginat dll. semua instrumen buat GIC itu hampir selalu plastik. 

16. Spatula Elastomer dan Pisau Gips
yang diatas itu spatula gips, yang dibawah itu pisaunya kan ada bagian tajemnya. Kalo spatula gips itu untuk mengaduk gips secara manual. kalo pisaunya untuk memotong kelebihan gips. (sebenernya aku masih nggak yakin itu spatula gips atau spatula elastomer...)

17. Syringer
atau nama gaulnya suntikan. yaitu untuk mengambil cairan. cukup jelas kan?

18. Kuas Besar
untuk memulas bagian yang luas/gede di gigi.

19. Tip Applicator
sama kayak kuas fungsinya, tapi untuk bagian yang lebih spesifik dan luas yang sangat kecil.

20. Mortar & Pestle


dulu sih aku nyebutnya tumbukan. tapi ternyata mereka punya nama gaul :') sudah jelas fungsinya untuk menghaluskan dan mencampur. biasanya amalgam

21. Gelas Ukur 50 ml
buat ngukur cairan-cairan dan sejenisnya, bukan buat ngukur berat badan kamu.

22. Sendok Cetak
ini sendok cetak yang gede untuk nyetak seluruh gigi, baik rahang atas dan bawah. ada ukuran 1-4, yang paling gede ukuran 1 yang paling kecil ukuran 4.
Kalo ini sendok cetak yang lebih kecil, buat nyetak gigi yang lebih spesifik, pada gigi-gigi tetentu aja,

23. Rubber Bowl
ini bukan mangkok biasa. bener-bener elastis. mangkuk ini buat ngaduk yang cukup pake air, kayak alginat, gips, dsb.

24. Kain Katun (60 x 40 cm)
kalo stress abis praktikum mungkin bisa langsung dijadiin kain kafan ._. kayaknya bukan itu sih, itu sebenernya buat alas pas praktikum aja kok, selain koran.

25. Kuvet
untuk memproses akrilik jadi gigi tiruan. kuvet inilah yang nanti bakal dipake bersamaan dengan alat press buat nyetak. ini instrumen paling berat yang aku miliki sejauh ini. mungkin kalo ada alat press bakal lebih berat lagi :')

26. Mangkok porcelain 30 ml + tutup
buat apa ya ini? buat naroh kue lebaran? bukaann. ini buat memanipulasi akrilik, dipakenya sama cement spatula.
27. Dappen Glass
wadah untuk alkohol dan cairan-cairan dalam jumlah sedikit, karena bentuk dappen glass itu kecil bangeett. atau bisa juga buat cairan-cairan yang udah ga dipake lagi.

28.Bunsen
ini nanti diisi spirtus dan bisa buat membakar. 

29. Glass Lab
untuk tempat mengaduk sedikit bahan dan air seperti semen, jadi tidak di dalam bowl.

30. Chip Blower / Puspus
gunanya buat memberi angin, angin yang bertiup sepoi(?) supaya kering. caranya tinggal pencet bola karet merahnya, dan angin akan keluar dari pipa besinya.

Masih ada alat-alat yang masih coming soon sih fotonya, belum sempet mindahin, 

ekskavator, untuk membersihkan kavitas atau membersihkan cetakan gigi yang mau dikasih tumpatan.

alat press, alat press ini buat nge-press dong pastinya. aku juga belum ngerti gimana mekanismenya, tapi ntar si kuvet diselipin di alat press, terus supaya ngepress si alat press diputer. ini 

pisau malam, pisau malam ini kedua ujungnya berbeda bentuk, satu rata, dan satu ada cekungannya, cekungan ini berfungsi untuk mewadahi saat malam dipanaskan.

filling instrument gic, ini adalah salah satu instrumen yang paling susah nyarinya. sampe sekarang aku belum punyaaa... semua instrumen GIC kan plastik tuh, nah ini  kayak filling instrumen yang dari logam bentuknya, tapi dari plastik. biasanya warna putih/ transparan. gunanya untuk mem-fill GIC ke kavita.

spatula elastomer, tentu saja untuk mengaduk elastomer.

rubber bowl tinggi, dsb. Insya Allah gambarnya segera menyusul ya ^^
Oke, sekian penjabaran aku tentang alat-alat itu. Kepada kaum yang lebih expert masalah dental instruments mohon bimbingannya ya, kalo ada kesalahan informasi, salah nama, salah fungsi, salah paham, jangan salahkan ibu mengandung *eh…  langsung aja di komen di bawah supaya bisa aku baikin jadinya nggak menyesatkan :)


Related Post:

7 komentar:

Unknown mengatakan...

keren banget masih 16 th udah masuk fkg sukses yaa

Wiwin Nuril Falah mengatakan...

Alhamdulillah, amiin. Sukses juga mbak :)

Anonim mengatakan...

aku mau nanya dong,itu kamu belinya udh satu paket segitu atau belinya terpisah? makasih yaa:):)

Wiwin Nuril Falah mengatakan...

terpisah, tapi belinya kolektif sama temen2 jadinya lebih murah dan ga takut salah beli :)

Unknown mengatakan...

kamu hebat...

Unknown mengatakan...

dental magic boxnya beli dimana ya?

Yuni P.W mengatakan...

Assalamualaikum mbak mau tanya dental boxnya beli dmn ya daerah malang?

Posting Komentar