kamu orang beruntung yang ke :

Rabu, 13 Oktober 2010

kesalahan teori fotosintesis pada malam hari

oke, mungkin tema ini saya angkat berdasar kan informasi yang telah diberikan oleh guru biologiku tercinta, bu dwi lestari (haha, semoga bu dwi-nya baca, biar dapet nilai plus-plus) hehe *murid tidak teladan.
ceritanya begini, tadi di sekolah pas jam bimbel atau aku biasa menyebutnya TamPel (tambahan pelajaran), kelasku belajar biologi. awalnya cuma membahas bagian-bagian tumbuhan, tapi nggak lama langsung masuk ke fotosintesis akibat pertanyaan para siswa yang bisa dibilang tidak sabaran, maksudnya nggak sabar pengen langsung ke materi selanjutnya.
berhubung saat itu sudah sekitar jam 3an, ya jam ideal bagi saya untuk tidur siang. tapi keadaan tidak memungkinkan saya untuk melakukan rutinitas yang tidak rutin lagi saya jalankan itu. alhasil, saat belajar bisa dibilang saya *sedikit* ngantuk. keadaaab berubah ketika bu dwi dengan gaya mengajarnya yang khas, memberikan suatu informasi unik. saya suka saat bu dwi menceritakan tentang pengalamannya yang masih seputar biologi. menurut saya, saat-saat itu bagaikan berlian di sekumpulan emas. _istilah baru_(teruskan bu, I Like it!). saya terperangah, melepaskan diri dari belenggu kengantukan. saya menyimak dengan seksama, memperhatikan kata demi kata yang terucap oleh bu dwi, menghindari sekeras mungkin sesuatu yang namanya berkedip. sebelumnya saya sempat mengeluarkan ekspresi sok galak biar teman-teman saya dapat menutup rapat 'harimau'nya, tujuannya agar suasana kelas sunyi, seperti yang saya harapkan.
oke, terlalu banyak basa-basi, to the point saja. ini isinya kalau tidak salah " ibu liat di blog, si x (aku lupa namanya siap yang dibilang bu dwi) komentar kalo pohon itu kalo siang hari menghisap karbondioksida dan menghasilkan oksigen pada malam hari sebaliknya, makanya kalo malem jangan berdiri deket pohon karena bisa pingsan atau bahkan meninggal karena rebutan oksigen dengan tumbuhan tersebut .topik itu yang ibu angkat pada seminar.....*saya lupa seminar apa dan kapan kata bu dwi*, dengan narasumber seorang profesor. lalu dijawab dengan guyunan oleh si profesor. ternyata peserta seminar yang lain banyak juga yang kurang ngeh dengan jawaban profesor itu. jawaban si profesor 'kemungkinan orang itu pingsan apabila ada gas-gas lain si sekitar tumbuhan/ yang dihasilkan tumbuhan atau orang tersebut berdiri di bawah pohon yang sedang berbuah lebat, pohonnya adalah pohon durian'. "
nah, info itulah yang membuat saya jadi semakin penasaran. padahal berdasarkan dulu yang di jelasin guru sd ku, pada bilang sama kayak yang dibilang sama si x itu.
akhirnya melalui tanya jawab yang cukup tidak panjang, aku dapat menerima penjelasan mengenai fotosintesis yang ternyata " kalau siang menghisap karbondioksida dan menghasilkan oksigen, dan kalau malam bukan sebaliknya, tapi melakukan proses yang sama namun lebih sedikit daripada siang harinya" *tumbuhannya kan juga mau tidur. haha
-ya, para pembaca sekian posting saya ini. yang cukup panjang dan tidak padat. semoga bermanfaat-
salam saya,
adeknya justin bieber
sahabatnya lee min ho



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar