kamu orang beruntung yang ke :

Sabtu, 19 Maret 2011

GLOBAL WARMING -> 2(BGT)K !

Hai Readers !
bagi kamu yang uptodate sama info, mungkin istilah Pemanasan Global, atau bahasa kerennya Global Warming udah klise banget. Tapi, sebenernya global warming itu apa sih? kok orang-orang sedunia pada gencar-gencar ngomongin masalah global warming? emangnya bahaya? kalo bahaya, bahayanya gimana? abis itu kenapa ada global warming? .....
dan mungkin masih banyak lagi pertanyaan yang mungkin melintas di pikiran readers. Nah, di posting ini Spidol Merah Jambu, bakal mengupas tuntas seluk beluk global warming. Penasaran? Check it Out ! 


Global Warming (Pemanasan Global) adalah proses peningkatan suhu rata-rata atmosferlaut, dan daratan Bumi

Tahukah Kamu...
  •         Suhu rata-rata global pada permukaan Bumi telah meningkat 0.74 ± 0.18 °C (1.33 ± 0.32 °F) selama seratus tahun terakhir
  •         IPCC menyimpulkan, sebagian besar peningkatan suhu rata-rata global sejak pertengahan abad ke-20 kemungkinan besar disebabkan oleh meningkatnya konsentrasi gas-gas rumah kaca akibat aktivitas manusia melalui efek rumah kaca
Yang menyebabkan global warming…

1. Konsumsi Energi Bahan Bakar Fosil
  •          Sektor industri merupakan penyumbang emisi karbon terbesar, sedangkan sektor transportasi menempati posisi kedua.
  •          konsumsi energi bahan bakar fosil memakan sebanyak 70% dari total konsumsi energi, sedangkan listrik menempati posisi kedua dengan memakan 10% dari total konsumsi energi.
2. Sampah
  •          Sampah menghasilkan CH4, sedangkan 1 ton sampah padat menghasilkan 50 kg CH4.
  •          diperkirakan, pada tahun 2020 sampah yang dihasilkan mencapai 500 juta kg/hari atau 190 ribu ton/tahun. Dengan jumlah ini maka sampah akan mengemisikan gas metana sebesar 9500 ton/tahun
3. Kerusakan Hutan
  •          Laju kerusakan hutan di Indonesia, menurut data dari Forest Watch Indonesia (2001), sekitar 2,2 juta/tahun
  •          disebabkan oleh kebakaran hutan, perubahan tata guna lahan, seperti perubahan hutan menjadi perkebunan dengan tanaman tunggal secara besar-besaran.
4. Pertanian dan Peternakan
  •        Sektor ini menghasilkan gas metana, dari pemanfaatan pupuk serta praktek pertanian, pembakaran sisa-sisa tanaman, dan pembusukan sisa-sisa pertanian, serta pembu
  •        Di Indonesia, sektor pertanian dan peternakan menyumbang emisi gas rumah kaca sebesar 8.05 % dari total gas rumah kaca di dunia.
5. Efek Rumah Kaca
  •        Sebenarnya Efek tumah kaca sangat bermanfaat bagi bumi, dengan suhu rata-rata sebesar 15 °C (59 °F), bumi telah lebih panas 33 °C (59 °F) dari suhunya semula, jika tidak ada efek rumah kaca suhu bumi hanya -18 °C dimana es akan menutupi seluruh permukaan Bumi.
  •        Akan tetapi sebaliknya, apabila gas-gas tersebut telah berlebihan di atmosfer, akan mengakibatkan pemanasan global.
6. Efek Umpan Balik
  •          penyebab pemanasan global juga dipengaruhi oleh berbagai proses umpan balik yang dihasilkannya. Sebagai contoh adalah pada penguapan air. Uap air sendiri merupakan gas rumah kaca. Efek rumah kaca yang dihasilkannya lebih besar bila dibandingkan oleh akibat gas CO2.
  •          Umpan balik ini hanya berdampak secara perlahan-lahan karena CO2 memiliki usia yang panjang di atmosfer.
7. Variasi Matahari
  •          Perbedaan antara mekanisme ini dengan pemanasan akibat efek rumah kaca adalah meningkatnya aktivitas Matahari akan memanaskan stratosfer sebaliknya efek rumah kaca akan mendinginkan stratosfer.
  •          Namun, tim ilmuan Amerika Serikat , Jerman   dan Swiss menyatakan Siklus Matahari hanya memberi peningkatan kecil sekitar 0,07% selama 30 tahun terakhir, Efek ini terlalu kecil untuk berkontribusi terhadap pemanasan global.

Ketika Global Warming Datang

Spoiler:
  1.          Iklim mulai tidak stabil
  2.          Peningkatan permukaan laut
  3.          Suhu Global Cenderung meningkat
  4.          Gangguan Ekologis
  5.          Dampak Sosial Dan politik
  6.          MENCAIRNYA ES DI KUTUB UTARA DAN SELATAN...


Tentu Ada Cara Menanggulanginya...
    Spoiler:
  1.          Membatasi emisi Karbondioksida ~ CO2  
  2.          Penggunaan minyak bumi secara efisien
  3.          Persetujuan Internasional




Ayo, Lakukan Mulai Sekarang -> 2(BGT)K = BGTBGTK !
    Spoiler:
  1.          Buka Jendela dan matikan AC
  2.          Gunakan Angkot/Bus/Angkutan umum lainnya
  3.          Transportasi ramai-ramai ( jangan gengsi buat nebeng :D )
  4.          Bike to work
  5.          Gunakan bahan selain Plastik (ramah lingkungan)
  6.          Tanam pohon
  7.          Kurangi kemasan


    Nah, Udah tau kan apa itu Global Warming dan segala sesuatu yang menyertainya, hehe.
Ayo, Jadiin cinta lingkungan itu sebagai trend masa kini !
Salam Tanam Pohon ! ^_^



Related Post:

0 komentar:

Posting Komentar